Penelitian bertujuan untuk mengekplorasi bagaimana cara orang tua dalam mengenalkan konsep sains pada anak Attention Deficit Hyperactivity Disorders (ADHD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 6 partisipan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur secara daring. Pengambilan subjek menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan orang tua dalam mengenalkan konsep sains untuk anak ADHD sangat penting dan berpengaruh untuk perkembangan di masa yang akan datang. Cara orang tua dalam memperkenalkan konsep sains kepada anak ADHD sangat kreatif dan beragam. Banyak orang tua memilih metode yang mudah dipahami anak dan tidak membosankan, sehingga anak sangat antusias dan penuh semangat dalam mempelajari konsep sains. Orang tua mempunyai alternatif cara mengembalikan fokus anak dan cara mengatasi hambatan yang dialami ketika mengenalkan sains pada anak ADHD.
Copyrights © 2021