HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2021): Histogram

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA TERAPAN UNTUK MODEL BLENDED LEARNING

I Ketut Darma (Politeknik Negeri Bali)
I Gede Made Karma (Politeknik Negeri Bali)
I Made Anom Santiana (Politeknik Negeri Bali)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Strategi blended learning merupakan pencampuran dua atau lebih strategi pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang diharapkan. Komponen pembelajarannya, yaitu; 1) online learning, 2) pembelajaran tatap muka, dan 3) belajar mandiri. Pembelajaran matematika ke depan,  mengarah ke penggunaan model blended learning. Bahan ajar sebagai sumber belajar perlu disesuaikan dengan kondisi mahasiswa dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Sangat perlu dikembangkan E-Modul matematika terapan untuk blended learning yang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas  dan praktikalitas E-Modul matematika terapan untuk model blended learning. Penelitian  menggunakan metode pengembangan model 4D meliputi: Define, Design, Develop, dan Disseminate, dilaksanakan di Politeknik Negeri Bali (PNB).  Subjeknya: ahli isi, ahli media, ahli desain, praktisi dan mahasiswa.  Data validitas bersumber dari ahli isi, media, dan desain dikumpulkan memalui angket validasi. Data praktikalitas bersumber dari dosen pengajar matematika dan mahasiswa dikumpulkan melalui angket validasi dan  praktikalitas. Validitasnya dilihat dari  kelayakan: isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Sedangkan praktikalitas dilihat dari kemudahan penggunaan, kemenarikan sajian dan manfaat.  Data dianalisis secara deskriptif, hasilnya  menunjukkan tingkat validitas mencapai 84,5 % terkategori valid sedangkan praktikalitasnya sebesar 83,6 % terkategori praktis. E-Modul layak dan praktis digunakan untuk blended learing, namun perlu dilakukan revisi-revisi kecil. Implikasinya E-Modul  setelah dilakukan revisi kecil dapat dilanjutkan ketahap pengembangan selanjutnya yaitu uji keefektivan dan desiminasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...