Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 2, No 1 (2015): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MAHASISWA FIPPS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP-PGRI PONTIANAK

Pujo Sukino (Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh metode pembelajaran dan pemahaman konsep  sejarah terhadap hasil belajar sejarah mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Pontianak IKIP PGRI. Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan treatmen oleh tingkat 2 x 2. Pengumpulan data penelitian ini dari observasi,tes hasil belajar dan kuisioner. dengan ukuran sampel 44 mahasiswa dipilih secara acak.  Analisis data mengungkapkan empat temuan, 1). Hasil belajar sejarah mahasiswa  yang diberikan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar sejarah  mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional, 2). Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan pemahaman konsep sejarah terhadap hasil belajar sejarah  3). Hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran inkuiri dengan memiliki pemahaman konsep  tinggi lebih tinggi dari mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki pemahaman konsep tinggi 4). Hasil belajar sejarah mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran inkuiri dengan memiliki pemahaman konsep rendah  lebih rendah dari mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki pemahaman konsep rendah. Kata Kunci: Pemahaman Konsep. Metode Pembelajaran. Hasil Belajar              .

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...