JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas)
Vol 6 No 2 (2021): JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) DESEMBER

SIMULASI PENCARIAN KEUNTUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO PADA PENJUALAN PRODUK WARDAH DI WARDAH OFFICIAL SHOP (SHOPEE)

Bias yulisa geni (politeknik bhakti kartini)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Penjualan adalah sebuah transaksi jual beli barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Penjualan selalu berkaitan dengan persediaan barang. semakin besar jumlah penjualan maka semakin besar juga jumlah barang yang harus tersedia. Perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen berdasarkan permintaan pasar sehingga akan meningkatkan jumlah perndapatan perusahaan tersebut. Wardah Official Shop adalah sebuah market yang menjual berbagai macam jenis produk kecantikan wardah mulai dari makeup, lip, perawatan tubuh, perawatan rambut, skincare, dan jenis produk perawatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi keuntungan penjualan produk wardah.Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data penjualan produk wardah tahun 2019 yang diolah dengan menggunakan metode simulasi monte carlo. Prediksi pendapatan penjualan akan dilakukan setiap tahun. Selain untuk memprediksi keuntungan penjualan, data penjualan juga digunakan untuk memprediksi jumlah produk yang terjual setiap tahun. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan tingkat akurasi dari seluruh penjualan produk wardah adalah 77,4 %. Dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi, penerapan metode monte carlo dianggap dapat melakukan prediksi pencarian keuntungan masing-masing produkwardah setiap tahunnya. Sehingga, akan memudahkan pihak penjual untuk memilih strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan pendapatan penjualan produk.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jusim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Insan dalam dua kali setahun dengan No ISSN Online : 2614-8706 dan ISSN Print : 2541-190X Terakreditasi SINTA 4 DIKTI Nomor 36/E/KPT/2019 . JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) terbit 2 (dua) nomor dalam setahun, ...