Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol. 11 No. 2: DESEMBER 2021

Literature Review Penatalaksanaan Diaper Rash pada Bayi : Literature Review Management of Diaper Rash in Infants

Arum Meiranny (Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Rifa Ulfah Ghina (Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
Endang Susilowati (Program Studi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Diaper rash adalah salah satu penyakit gangguan pada kulit yang sering terjadi pada bayi, dengan prevalensi antara 7%-50%. Pada tingkat keparahan tinggi, diaper dermatitis menunjukkan kondisi yang lebih serius, namun dalam banyak kasus tidak berhubungan langsung dengan iritasi popok. Sebesar 50% bayi yang menggunakan popok sekali pakai akan mudah mengalami iritasi pada kulit yang ditandai dengan kemerahan dan bengkak. Hal tersebut sering terjadi di bokong, lipatan paha dan area genetalia, yang menyebabkan bayi mudah rewel. Hal ini umumnya terjadi pada bayi sekitar 7%-35% dari populasi bayi di Indonesia. Tujuan untuk menelaah terkait penatalaksanaan diaper rash pada bayi. Dalam penulisan artikel ini metode yang digunakan ialah tinjauan literatur review yang terdapat dalam database jurnal kesehatan yaitu Google Scholar dan Pubmed, artikel yang terpilih berdasarkan full text, free open acces, berbahasa inggris dan berbahasa indonesia. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengobatan dan pencegahan merupakan faktor penting dalam penatalaksanaan diaper rash. Perawatan kulit yang tepat dapat mencegah insidensi diaper rash dan dapat membantu mengobati dermatitis akibat popok. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama dalam menghadapi diaper rash secara efisien terletak pada pencegahannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJKM

Publisher

Subject

Public Health

Description

Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2503-1139 (Online ) || 2089-0346 (Print). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review articles ...