Saat ini pengolahan data kepegawaian pada Kantor Sektor 8 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan masih secara manual. Penyimpanan data masih dalam bentuk arsip yang tersimpan dalam sebuah map kertas, sehingga membutuhkan ketelitian dan memakan waktu yang cukup lama pada saat pencarian data-data kepegawaian yang diinginkan. Berdasarkan masalah yang ditemukan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merancang sebuah aplikasi kepegawaian yang lebih efektif dan efisien dalan penggunaannya. Dengan tujuan agar proses pendataan kepegawaian lebih cepat dan akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development. Dimana perancangan dimulai dari mengumpulkan kebutuhan dengan cara observasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program aplikasi yang akan dibangun. Langkah selanjutnya adalah melakukan desain aplikasi sistem yang diterjemahkan ke dalam kode-kode dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
Copyrights © 2021