ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 1, No 1 (2020): September

PEMASARAN PRODUK HASIL PERTANIAN DESA PASURUHAN KECAMATAN MERTOYUDAN MELALUI MEDIA SOSIAL: STRATEGI PENDAMPINGAN TERSTRUKTUR

Besty Trymastuty (Universitas Tidar)
Hernanda Rizqi Alfannisa (Universitas Tidar)
Firstya Evi Dianastiti (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2020

Abstract

Produktivitas pertanian yang tinggi dan teknologi yang semakin maju merupakan hal penting dalam membantu ketahanan pangan. Munculnya berbagai macam teknik penjualan juga menjadi cara untuk mempercepat pemasaran hasil pertanian. Salah satu teknik pemasaran yang saat ini sedang tren adalah pemasaran melalui online. Adanya teknologi yang berkembang pesat menumbuhkan laju pertumbuhan ekonomi, sayangnya masih banyak yang belum memanfaatkan kemajuan teknologi ini terutama untuk pemasaran hasil tanam. Penelitian ini akan mensosialisaikan pemanfaatan teknologi informasi (internet) dalam meningkatkan pemasaran hasil pertanian. Lokasi penelitian di Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, yang merupakan salah satu penghasil beras dan palawija. Penelitian ini dilakukan dengan diskusi serta tanya jawab melalui sosialisasi. Masih banyak petani di Desa Pasuruhan yang kurang menguasai teknologi berbasis internet. Sarana dan prasarana yang masih kurang dan buruk dapat menghambat proses terdistribusinya hasil/produk pertanian sehingga peningkatan perekonomian petani tetap rendah, serta pencanangan swasembada pangan dalam menyongsong ketahanan pangan negara tidak mengalami peningkatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdipraja

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu di antaranya: Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kedokteran Kesehatan Teknik Bahasa Ekonomi Sosial Humaniora Agama dan Filsafat Seni Desain dan ...