Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 7 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Model Pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama

Handri Purwaningtyas (SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, DIY)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Banguntapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian dilaksana kandalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka. Semua siklus menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” dengan berbagai variasi kegiatan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banguntapan, sedangkan objeknya adalah kemampuan menulisnaskah drama. Data dan instrument dalam penelitian ini adalah instrumen penilaian kemampuan menulis naskah drama siswa dan instrumen observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif “Dapil Tebu Itam” kemampuan siswa dalam menulis naskah drama meningkat. Hal ini dibuktikan oleh data sebagai berikut: (1) Sebelum diberikan tindakan hasil nilai rerata kelas menunjukkan hasil yang rendah, yaitu hanya 50% siswa yang nilainya mencapai KKM 76.00, sedangkan 50% lainnya di bawah KKM; (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama nilai rerata kelas meningkat, siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 62,5%, sedangkan siswa yang nilainya belum KKM 37%. (3) Pada siklus kedua, nilai siswa yang sudah mencapai KKM meningkat menjadi 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...