Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021

Penguatan Peran Siswa SD Bandarharjo dalam Upaya Menurunkan Angka Demam Berdarah di Kelurahan Bandarharjo Semarang Utara

Hargianti Dini Iswandari (Perekam dan Informasi Kesehatan, Fakultas Keperawatan dan Bisnis Teknologi, Universitas Widya Husada Semarang, Indonesia)
Okti Trihastuti Dyah Retnaningrum (Perekam dan Informasi Kesehatan, Fakultas Keperawatan dan Bisnis Teknologi, Universitas Widya Husada Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Demam Berrdarah Dengur merupakan salah satu penyakit endemis di Kota Semarang. Berbagai upaya penanggulangan telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Salah satunya adalah dengan membentuk Sicentik (Siswa Cari Jentik). Program pengabdian masyarakat di Kelurahan Bandarharjo ini dapat menjadi pendukung kegiatan Sicentik yaitu dengan memberikan pengetahuan tentang DBD dan upaya penangglangan kepada siswa SD sehingga peserta dapat secara aktif dan mandiri menjadi pelopor penanggulangan DBD di rumah. Metode pangabdian yang digunakan yaitu dengan pemberian materi. Peningkatan pengetahuan dinilai menggunakan uji statistic T test pada hasil pres test dan post test peserta. Pada akhir pengabdian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan peserta yang ditunjukkan dengan adanya nilai p= 0,04 pada uji T pre test dan post test.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...