Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 1 No 1 (2021): JAMSI - September 2021

Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19) Melalui Pembagian Masker Kepada Masyarakat di Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Ervianingsih Ervianingsih (Prodi Farmasi, Fakultas Kesehatan, Pertanian, dan Kelautan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia)
Chitra Astari (Prodi Farmasi, Fakultas Kesehatan, Pertanian, dan Kelautan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia)
Murni Mursyid (Prodi Farmasi, Fakultas Kesehatan, Pertanian, dan Kelautan, Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia)
Abd. Razak (Prodi Keperawatan, Institute Kesehatan dan Bisnis Kurnia Jaya Persada Palopo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Variants of concern dari virus SARS-CoV-2 mengalami berbagai mutasi pada protein spike, termasuk pada receptor-binding domain yang menyebabkan peningkatan afinitas dengan reseptor ACE-2 sehingga terjadi peningkatan virulensi dari virus dan transmisinya. Jumlah Pasien Covid-19 di Kota Palopo tercatat sebanyak 1.379 orang yang positif Covid-19. Di tengah lonjakan Covid-19, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat penting. Keberadaan masyarakat di Kota Palopo, khususnya dibeberapa tempat keramaian di Kota Palopo masih terlihat belum seluruhnya melakukan upaya pencegahan tersebut . Mengedukasi pencegahan Covid-19 bisa disalurkan melalui edukasi langsung kepada warga masyarakat yang berada di sekitar kita. Pengabdian pada Masyarakat yang diselenggarakan pada tanggal 15-16 Mei 2021 ini dilaksanakan dalam bentuk edukasi tentang upaya pencegahan covid-19, edukasi penggunaan masker sekaligus membagikan masker secara gratis sebanyak 1000 masker kepada Masyarakat di Kota Palopo. Kegiatan Edukasi dan pembagian masker ini memiliki pengaruh terhadap kesadaran dan meningkatkan pengetahuan serta kepedulian untuk mengikuti protokol kesehatan dalam upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran COVID-19 khusunya masyarakat Kota Palopo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...