Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 1 No 2 (2021): JAMSI - November 2021

Upaya Pengembangan Softskill Pengelola Keuangan pada Kelompok Usaha Rahmatan lil’alamin Bandar, Batang

Jilma Dewi Ayu Ningtyas (Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pekalongan, Indonesia)
Ardiyan Darutama (Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pekalongan, Indonesia)
Ulfa Kurniasih (Program Studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Pekalongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

KU Rahmatan Lil’alamin ingin mengembangkan usaha jual beli tapi terkendala pengetahuan yang minim mengenai bagaimana mengelola asset dan pencatatanya serta pengelompokannya sesuai dengan peraturan. Mengetahui asset atau harta terlebih dahulu merupakan salah satu cara untuk mendukung strategi berbisnis apa yang akan dikembangkan, apalagi disaat pandemic covid-19 sangat memberi dampak negative terhadap banyak sector di Indonesia (Marasabessy, 2021). Kendala ini akan mempengaruhi terwujudnya visi dan misi dari KU Rahmatan Lil’alamin apabila tidak segera diselesaikan. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui pendampingan dengan edukasi dan pelatihan internal organisasi. Tujuan utama membantu mengelola, mencatat dan mengelompokkan asset Kelompok Usaha Rahmatan lil’alamin, Bandar berdasarkan jenis-jenis harta yang disesuaikan dengan peraturan Menteri keuangan no. 96/PMK.03/2009. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode pendampingan terhadap pengelola keuangan. hal ini diharapkan pengelola mampu dan memahami bagaimana mengelola, mencatat dan mengelompokkan asset yang dimiliki oleh Kelompok Usaha Rahmatan lil’alamin, Bandar.  Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari yaitu hari pertama persiapan, hari kedua pengenalan materi dan praktikum dengan menggunakan laptop. Dan hari ketiga evaluasi pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan dapat disimpulkan bahwa setelah mendapatkan pelatihan mengenai pengelolaan, pencatatan dan pengelompokan asset berdasarkan peraturan Menteri keuangan no. 96/PMK.03/2009, pengelola Kelompok Usaha Rahmatan lil’alamin, Bandar terjadi peningkatan pemahaman mengenai bagaimana mengelola asset, mencatat asset dan mengelompokkan asset yang sesuai dengan peraturan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...