Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI)
Vol 2 No 1 (2022): JAMSI - Januari 2022

Penguatan Motivasi dan Kapasitas Para Pendamping Disabilitas Gantiwarno Klaten Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Ubi Ungu SLB-BC Bhakti Putra Bahagia, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah

Siti Azizah Susilawati (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Yovi Annang Setiyawan (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Faizah Laila Oktaviana (Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Tata Aulia Wardani (Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sekar Kinasih Ningrum Prambudi (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)
Sri Murdiyanti (Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas secara ekonomi dengan meningkatkan pendapatan keluarga pendamping disabilitas melalui keterampilan membuat snack berupa keripik ubi ungu. Pelatihan pembuatan keripik ubi ungu ini dilaksanakan di halaman SLB-BC Bhakti Putra Bahagia, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pendapatan keluarga disabilitas melalui pendamping. Metode pengabdian ini adalah pendampingan membuat keripik ubi ungu dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan keripik secara mandiri dan terkontrol melaluiĀ  monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Tim, pihak sekolah dan PPDK Kabupaten Klaten. Hasil dari pelatihan ini adalah : (1) Sebanyak 86% peserta mengetahui keripik ubi ungu. (2) Sebanyak 93% peserta tidak mengetahui proses pembuatan keripik ubi ungu. (3) Seluruh peserta tidak pernah membuat keripik ubi ungu. (4) Sebanyak 86% mengetahui peluang usaha keripik ubi ungu. Berdasarkan hasil tersebut maka pelatihan pembuatan keripik ubi ungu memiliki peluangĀ  dan motivasi usaha yang baik bagi peserta dalam memajukan perekonomian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...