Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 9 No 4 (2021): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

HUBUNGAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN EMAS DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2021

Bord Nandre Aprila (Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Jewelry is a human need and pleasure because with jewelry a person feels more admired and liked by himself and others. One of the advantages of buying jewelry is not only getting value as accessories but also value added investment. The purpose of this study was to determine the relationship of demographic factors consisting of age, education, occupation, and income to gold purchasing decisions. This research is a quantitative research with a cross sectional design. The Pekanbaru community in 12 sub-districts is the population in this study. The number of samples is 130 people. Samples were collected by accidental sampling technique with a limited number. Data were collected by distributing questionnaires consisting of 13 statements. The results showed that there was a relationship between age, education, and occupation with gold purchasing decisions as evidenced by P value < 0.05 (0.001; 0.023; 0.000). Meanwhile, income does not affect a person's decision to buy gold, with a p value > 0.05 (0.521). This demographic factor can be one of the considerations when gold sellers choose marketing methods to market their products. Perhiasaan adalah kebutuhan dan kesenangan manusia karena dengan perhiasan seseorang merasa lebih dikagumi dan disenangi baik oleh dirinya sendiri maupun orang lain. Salah satu keuntungan membeli perhiasaan yaitu tidak hanya mendapatkan nilai sebagai accesoris tapi juga nilai tambah investasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor demografi yang terdiri dari usia, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan terhadap keputusan pembelian emas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional. Masyarakat Pekanbaru yang berada di 12 kecamatan merupanakn populasi dalam penelitian ini. Jumlah sampel adalah 130 orang. Sampel dikumpulkan dengan teknik accidental sampling dengan batasan jumlah. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner yang terdiri dari 13 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara usia, pendidikan, dan pekerjaan dengan keputusan pembelian emas dibuktikan dengan P value < 0,05 (0,001; 0,023; 0,000). Sedangkan pendapatan ternyata tidak mempengaruhi keputusan seseorang dalam pembelian emas, dengan p value yang > 0,05 (0,521). Faktor demografi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan saat penjual emas memilih metode pemasaran untuk memasarkan produk mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...