Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 2 (2020): September

Proses Internalisasi Ilmu Pengetahuan Dan Nilai-Nilai (Values) Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental

Muhammad Junaidi Jun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan Agama Islam, pendidikan karakter dan revolusi mental. Dalam tulisan ini termuat bagaimana proses dari internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan agama Islam, Dalam proses internalisasi ada tiga tahap yang mewakili proses atau tahap terjadinya internalisasi yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan juga dipadukan dengan konsep teori Taksonomi Bloom yaitu, 1) Mengingat (Remembering) 2) Memahami (Understanding) 3) Menerapkan (Applying) 4) Menganalisis (analysis) 5) Mengevaluasi (evaluating) 6) Menyusun kreativitas (Creating). Implementasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam sudah dipaparkan dengan luas, baik nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan ibadah, maupun nilai pendidikan akhlak yang urusannya dengan moralitas, dari sanalah pendidikan karakter dan revolusi mental peserta didik terbentuk.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

munawwarah

Publisher

Subject

Religion Other

Description

FOKUS AL-MUNAWWARAH : Jurnal Pendidikan Islam memuat kajian-kajian pendidikan Islam baik itu berkenaan dengan strategi pembelajaran pendidikan Islam, dan manajemen kelembagaan pendidikan Islam, pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan Islam, dan kepemimpinan dalam lembaga pendidikan Islam. ...