Salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi fokus peneltian ini adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca haruslah dikuasai peserta didik atau mahasiswa. Hal ini dikarenakan dengan membaca dapat menambah informasi, mencari data dan mencari makna. Keterampilan membaca ternyata berhubungan erat dengan keterampilan menulis. Mahasiswa yang rajin membaca tentunya mempunyai kapasitas pengetahuan lebih luas dan dalam dari pada mahasiswa yang jarang membaca. Salah satu tempat yang bisa mengakses keterampilan dan kebutuhan mahasiswa dalam kegiatan membaca adalah perpustakaan. Indeks Prestasi bisa ditunjang dengan usaha mahasiswa dengan menenuliskan dengan benar jawaban pada soal-soal uraian subjektif pada saat UAS dan UTS. Berdasarkan perhitugan diketahui bahwa hasil r hitung adalah 0,222. Hal tersebut berarti terjadi hubungan dalam kategori rendah antara indeks prestasi komulatif mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Jember Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pemanfaatan perpustakaan di kampus tersebut. Peneliti juga menghitung tingkat signifikansinya, didapati bahwa t hitungnya adalah 2,014. Ternyata t hitung dari t tabel atau 2,014 1,6646 artinya signifikan
Copyrights © 2016