ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 3 No. 1 (2020): Januari 2020

Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Berfikir/Kognitif Anak di Paud : T The Effect of the Covid-19 Pandemic on the Thinking/Cognitive Development of Children in Early Childhood Education

Nova Djangkali (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2020

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaiman pengaruh pandemi covid-19 terhadap perkembangan berfikir/kognitif anak di TK Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pandemi covid-19 terhadap perkembangan berfikir/kognitif anak di TK Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, guru, wali murid dan siswa Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan berfikir kognif anak Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan selama mengikuti pembelajaran sistem online (daring) pada masa pandemi Covid-19 anak TK Mutiara Hati dalam aspek kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berfikir logis dan kemampuan berfikir simbolik termasuk dalam kategori mampu dan cukup mampu. Pencapaian perkembangan berfikir/kognitif anak di Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan dikarenakan guru Mutiara Hati Kecamatan Palu Selatan selalu berusaha memberikan materi pembelajaran atau tugas yang berisikan upaya menstimulasi perkembangan aktivitas anak. Dampak lainnya sistem pembelajaran daring (online) terhadap perkembangan pada anak adalah adanya beberapa orang tua yang kurang mendukung atau tidak berpartisipasi dalam sistem pembelajaran. Siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru karena tidak adanya bimbingan karena kesibukan orang tua sehingga ada perbedaan perkembangan kognitif antara satu siswa dengan siswa lainnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...