JURNAL SOCIA AKADEMIKA
Vol 5 No 1 (2019): Edisi Mei 2019

PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN FUNGSI “LOJI” PADA ARSITEKTUR BANGUNAN DI KOTA MALANG ( Kajian dalam fenomena sosiologi seni)

Agoestin Kemalawati (Akademi Kesejahteraan Sosial AKK Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 May 2019

Abstract

Loji merupakan karya arsitektur kolonial Belanda yang mampu bertahan dan menjadi asset dalam industri pariwisata akibat adanya peran masyarakat sebagai usaha mempertahankan bangunan peninggalan Belanda. Kemunculan loji dalam kepariwisataan adalah sebagai akibat dari proses sosial; melalui proses peralihan kekuasaan pemerintah, peran insitusi budaya dan masyarakat, sebagai upaya mempertahankan wujud “pelestarian” loji. Adapun pergeseran fungsi pada loji adalah akibat pengaruh konstruksi sosial yang didominasi oleh program pemerintah. Pemerintah lebih mengutamakan estetika dari pada keaslian loji sehingga merubah fungsi penjara menjadi pusat perbelanjaan modern dan sociteit concordia menjadi sarana belanja dan hiburan. Perubahan bentuk dan pergeseran fungsi loji dari bangunan sarana pendukung pemerintahan dan sosial menjadi bangunan sarana belanja dan hiburan ini tidak lepas pula dari peran serta masyarakat dan pengaruh pariwisata.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jsa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

The Socia Academic Journal is a journal containing scientific texts from researchers, academics, and practitioners, in the form of research results, literature reviews and / or other forms of scientific writing, and education observers. Scope of Socia Akademika Journal are: 1. The applied science of ...