Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna
Vol 2 No 2 (2021): Jurnal Pengabdian Teknologi TepatGuna

Pontensi Limbah Kelapa Menjadi Pestisida Untuk Meningkatkan Ekonomi Dan Keamanan Pangan Di Desa Kanoman ( Studi Kasus Desa Kanoman, Kec. Panjatan, Kab. Kulonprogo )

Dedi Adi Saputra (Universitas Ahmad Dahlan)
Ikhwan Nur Afiq (Universitas Ahmad Dahlan)
Ina Maryani (Universitas Ahmad Dahlan)
Muhammad Fajrul Falaq (Universitas Ahmad Dahlan)
Hayati Mukti Asih (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Corona Virus Disease atau COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi pada 11 Maret 2020, suatu penyakit yang mewabah hampir seluruh negara di dunia. Dampak dari pandemi ini dirasakan oleh semua kalangan masyarakat baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan termasuk masyarakat di Desa Kanoman. Selain, terdampak pandemi COVID-19 permasalahan utama di desa Kanoman adalah limbah kelapa yang masih banyak belum di manfaatkan. Permasalahan utama tesebut disebabkan dari tingkat pendidikan dan ekomoni yang masih rendah sehingga menyebebkan belum mampunya dalam mengeloh limbah kelapa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut upaya strategis yang dilakukan adalah dengan melakukan sebuah inovasi dari pengolahan limbah kelapa menjadi sebuah produk yang bermanfaat seperti pestisida. Rangkaian kegiatan yang di laksanakan dalam pembuatan pestisida ini seperti: Sosialisasi, Melakukan diskusi, Proses pembuatan alat, Penyuluhan secara online, Praktik secara offline, dan Evaluasi. Adapun hasil yang di dapatkan dari pengabdian ini meningkatnya pengetahuan masyarakat Desa Konoman mengenai limbah kelapa, manfaat limbah kelapa, samapai dengan pemasaran limbah kelapa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TTG

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

Focus and Scope The Journal of Appropriate Technology Services (JPTTG) has a vision and mission of community development with technology. In line with this vision and mission, JPTTG receives and publishes relevant service results with the application, training and understanding of technology to the ...