KomunikA
Vol. 16 No. 2 (2020): Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Pemasaran dan New Media

PENGARUH HIPERREALITAS DALAM IKLAN KOSMETIK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK PADA MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI DI FISIP USU

Safrin (Unknown)
Oktaviani, Ervina (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Iklan Dan Minat Beli Dalam Sudut Pandang Hiperrealitas (Studi Korelasional Pengaruh Hiperrealitas Dalam Iklan Kosmetik Terhadap Minat Beli Kosmetik Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hiperrealitas dalam iklan kosmetik terhadap minat beli kosmetik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi massa, komunikasi pemasaran, iklan, pemikiran hiperrealitas Jean Baudrillard, teori AIDDA, dan minat beli. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 69 orang mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP USU yang pernah menonton iklan Vaseline versi Sun+Pollution Protection. Responden didapat dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto. Data yang diperoleh dari lapangan diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif, analisis korelasional, dan uji hipotesis dengan menggunakan Rank Spearman dari program aplikasi IBM SPSS Statistics Subsciption, dengan perolehan hasil Ha ditolak dan H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh hiperrealitas dalam iklan kosmetik terhadap minat beli kosmetik pada mahasiswi Ilmu Komunikasi di FISIP USU.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

komunika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal KomunikA adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun, di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Utara. KomunikA pertama kali terbit pada Maret 2004 dan hingga 2019 telah terbit sebanyak 13 (tiga belas) edisi dalam bentuk cetak. Kini, KomunikA akan dapat diakses ...