Kerjasama antara auditor dan auditee atau klien sangat penting bagi kualitas audit itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis determinan kualitas audit terhadap kepuasan klien dengan sikap responsif auditor sebagai intervening. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur. Penyebaran koesioner dengan teknik sampling purposive dan terkumpul 72 responden. Data dianalisis dengan regresi berganda menggunakan SPSS dan Sobel Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi auditor secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien. Namun hipotesis pertama terbukti, pengaruh kompetensi auditor (X1) terhadap kepuasan klien (Z) dengan sikap responsif auditor (Y) sebagai intervening memperlihatkan hasil sangat signifikan.. Hipotesis kedua terbukti, pengaruh pengalaman auditor (X2) terhadap kepuasan klien (Z) dengan sikap responsif auditor (Y) sebagai intervening menunjukkan hasil sangat signifikan. Hipotesis ketiga terbukti, pengaruh independensi auditor (X3) terhadap kepuasan klien (Z) dengan sikap responsif auditor (Y) sebagai intervening menunjukkan hasil sangat signifikan. Independensi auditor (X3) secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan klien, namun dapat dimediasi dengan baik oleh varibel sikap responsif auditor (Y) dengan hasil sangat signifikan.Kata Kunci: Kepuasan Audite, Kualitas Audit, Sikap Responsif
Copyrights © 2021