MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 1, No 1 (2021): MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi

ANALISIS IKLIM KOMUNIKASI PADA PEGAWAI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN KUNINGAN

Aji Muhamad Jaelani (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Ririn Risnawati (Sinta ID: 6690157
Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

ABSTRACTOrganizational communication climate is one thing that really needs to be considered in an organization because after all the organizational communication climate has an influence on the sustainability of an organization, in order to make an organization that is in accordance with what is expected and aspired by the organization and includes members in it. Therefore, the researcher took the title "Analysis of Communication Climate in Employees (Quantitative Descriptive Survey on Employees of the Archives and Library Office of Kuningan Regency)". This research was conducted using a quantitative descriptive method. The population in this study were employees of the Department of Archives and Libraries of Kuningan Regency, amounting to 42 people. Data was collected by distributing questionnaires, interviews and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative. The results showed that the overall communication climate went well, as seen from the 16 items dominated by the number 4 scale with 11 items and the number 3 scale with 5 items. Then it can be seen from the interval class test which is divided into 5 interval classes in the "good" class because there are 36 (85.7%) who are in the interval class range from 55 to 67 who fall into the "good" class and are one class level that is the highest is "very good". The research also shows that there is a good level of closeness between employees. The results of other studies were found on the values of participatory decision making which were seen as lacking. This is because all employees are not involved in decision making, especially when it comes to the top.Keywords: Communication Climate, Organization, Survey, Quantitative Descriptive  ABSTRAKIklim komunikasi organisasi merupakan salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan pada sebuah organisasi karena bagaimanapun juga iklim komunikasi organisasi memberikan pengaruh terhadap keberlangsungan sebuah organisasi, guna menjadikan suatu organisasi yang sesuai apa yang diharapkan dan dicita-citakan oleh organisasi dan termasuk anggota di dalamnya. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “Analisis Iklim Komunikasi Pada Pegawai (Survey Deskriptif Kuantitatif Pada Pegawai Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan)”. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Kuningan yang berjumlah 42 orang. Pengumpulan data dilakukan dari penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim komunikasi secara keseluruhan berjalan dengan baik terlihat dari 16 item didominasi oleh skala angka 4 sebanyak 11 item dan skala angka 3 sebanyak 5 item. Kemudian terlihat dari uji kelas interval yang dibagi kedalam 5 kelas interval berada pada kelas “baik” karena terdapat 36 (85,7%) yang berada pada range kelas interval dari 55 sampai 67 yang masuk kedalam kelas “baik” dan berada satu tinggkat kelas yang paling tinggi yaitu “sangat baik”. Dari penelitian juga memperlihatkan kedekatan pada tingkat baik yang terjalin di antara para pegawai. Hasil penelitian lainnya ditemukan pada nilai-nilai pembuatan keputusan partisipatif yang dilihat kurang. Hal itu dikarenakan tidak dilibatkannya seluruh pegawai dalam pengambilan keputusan terutama saat menyangkut pada bagian atas.Kata Kunci: Iklim Komunikasi, Organisasi, Survey, Deskriptif Kuantitatif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...