MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 1, No 1 (2021): MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi

Efektivitas Webinar dalam Membangun Pola Komunikasi di Tengah Pandemi

Aldilla Evriyana (Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Suharjo Nugroho (Imogen PR)
Ludwig Suparmo (Asosiasi Perusahaan PR Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pandemi yang bermula di bulan Februari 2020 menimbulkan gagasan untuk menyelenggarakan penelitian Webinar dengan aplikasi Zoom di bulan Mei, 2020 sebagai studi kasus suatu penelitian terhadap dampak significant perubahan pola kegiatan komunikasi yang dapat dijadikan suatu prototype pola komunikasi. Cara biasanya bertemu tatap muka dan menyelenggarakan event gathering harus diubah dengan cara online atau virtual. Beradaptasi dengan perubahan, merupakan tantangan dan cara kerja dengan memanfaatkan teknologi digital, melalui Webinar atau Zoom Meeting. Tujuan penelitian diharapkan memberikan manfaat dalam: Memahami perubahan pola komunikasi di tengah pandemi melalui Webinar dengan aplikasi Zoom. Juga untuk memahami efektivitas Webinar atau Zoom Meeting sebagai acuan penyelenggaraan virtual event di tengah pandemi. Penelitian menggunakan metode penelitian gabungan (mix method) yaitu melalui metodologi kuntitatif dan kualitatif agar temuan penelitian dapat memperkuat kebenaran. Perlu dicari dan dikumpulkan bukti, informasi, dan data yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Hasil analisis merupakan kesimpulan untuk ditindak lanjuti demi kemajuan pola komunikasi berbasis virtual digital. Penelitian ini mencakup peserta Webinar sebagai responden dengan latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam yang bertempat tinggal di berbagai wilayah di Indonesia, menjadikan penelitian ini suatu survey studi kasus yang istimewa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...