MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 1, No 1 (2021): MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi

AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GWETNIC JOGJA (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Online Gwetnic Melalui Whatsapp Dan Instagram)

Yanus Purwansyah Sriyanto (Sinta ID: 6733348
Universitas Respati Yogyakarta)

Desi Nur Fatimah (Universitas Respati Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Hadirnya media sosial sebagai media promosi bagi para pelaku dunia usaha saat ini agar produk atau jasa yang dihasilkan tersebut dapat dikenal, diterima, dan sampai ke tangan konsumen. media sosial seperti instagram sebagai media promosi karena media sosial menjadi porsi terbesar bagi konsumen menghabiskan waktunya secara online. Penelitian ini mengkaji mengenai aktivitas komunikasi pemasaran online produk UMKM Gwetnic. Aktivitas berbasis online saat ini banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran, khususnya para pelaku UMKM. Salah satu yang melakukan itu adalah Gwetnic, dengan produk yang memanfaatkan bahan dasar kain lurik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran online Gwetnic Jogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kemudian dianalisis menggunakan teori bauran pemasaran (product, price, place, promotion) untuk menjelaskan bagaimana proses aktivitas komunikasi pemasaran serta strategi komunikasi pemasaran produk Gwetnic di berbagai platform online. Hasil penelitian adalah Gwetnic melakukan aktifitas komunikasi pemasaran online dengan strategi media sosial Instagram, termasuk memanfaatkan fitur-fitur Instagram, yaitu Instagram Ads, Ig TV, Highlight, Posting Feed, Ig Story, Reels, Direct Massage dan Like. Gwetnic juga menggunakan platform aplikasi chat Whatsapp status dan grup. Strategi tersebut dijalankan sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan. Dapat diketahui bahwa Product Gwetnic dipasarkan dengan sistem Pre Order dan Custom Design, Price disesuaikan dengan pesaing untuk menentukan harga kepada klien. Place pemasaran dengan pemanfaatan media sosial Instagram dan Whatsapp untuk informasi produk, sementara itu aktivitas Promotion yang dijalankan adalah promo bulanan berupa diskon harga untuk lebih menarik minat pasar.Kata Kunci: Media Bisnis, Instagram, Bauran Pemasaran, Promosi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...