Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengaruh Pemberian Feedback pada Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Siswa

Hadisyahputra, Dwita (Unknown)
Kosim, Kosim (Unknown)
Yumiati, Yumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian Feedback pada penilaian portofolio terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 17 siswa kelas X ATR1 sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa kelas X ATR2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh dari nilai buku catatan matematika siswa, rekap absensi siswa, PR/latihan, Lembar Kerja Siswa (LKS), hasil ulangan harian, penilaian diri siswa, dan penilaian keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa (1) Hasil belajar afektif (sikap) siswa yang diberikan feedback pada penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar afektif (sikap) siswa tanpa diberikan feedback pada penilaian portofolio, (2) Hasil belajar keterampilan (psikomotorik) siswa yang diberikan feedback pada penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar keterampilan (psikomotorik) siswa tanpa diberikan feedback pada penilaian portofolio, dan (3) Hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa yang diberikan feedback pada penilaian portofolio lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa tanpa diberikan feedback pada penilaian portofolio.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...