Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Evaluasi Usability pada Website Pustakawan Ganeca Digital Menggunakan User Experience Questionnaire dan Think Aloud

Gunawan, I Made Agus Oka (Unknown)
Putra, I Made Agus Widiana (Unknown)
Damayanthi, Kadek Laksmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Ganeca Digital merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan berbasis website dan aplikasi mobile. Pada 2 tahun berjalannya layanan aplikasi Ganeca Digital ini, masih terdapat pengguna yang mengeluhkan penggunaan Ganeca Digital, salah satunya adalah dari halaman pustakawan. Sehingga perlu dilakukan evaluasi lanjutan untuk mendapatkan rekomendasi pengembangan Ganeca Digital. Salah satu metode evaluasi berbasis pengguna yang dapat digunakan adalah evaluasi usability. Berdasarkan kajian yang dilakukan, akan dikombinasikan teknik User Experience Questionnaire dan Think Aloud dalam melakukan evaluasi berbasis pengguna. User Experience Questionnaire (UEQ) mencakup enam aspek dengan 26 butir pernyataan. Analisis data UEQ dilakukan dengan menggunakan UEQ Data Analysis Tool dengan membandingkan nilai setiap aspek dengan kumpulan data produk yang tersedia. Pada UEQ akan dilibatkan 20 responden untuk mendapatkan nilai kepuasan pengguna. Evaluasi Think Aloud melibatkan 10 responden berdasarkan hasil UEQ. Pada penelitian ini digunakan 25 skenario tugas yang disesuaikan dengan fungsional yang ada. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek daya tarik, ketepatan, stimulasi dan kebaruan termasuk kategori sangat baik. Hasil analisis menunjukkan prioritas perbaikan dapat difokuskan pada aspek kejelasan yang termasuk kategori diatas rata-rata dan aspek efisiensi yang termasuk kategori baik. Adapun nilai rata-rata setiap aspek adalah sebagai berikut: aspek daya tarik sebesar 1,77; aspek kejelasan sebesar 1,39; aspek efisiensi sebesar 1,65; aspek ketepatan sebesar 1,84; aspek stimulasi sebesar 1,86 dan aspek kebaruan sebesar 1,54. Hasil evaluasi Think Aloud berhasil memperoleh 10 permasalahan yang dikemukakan responden. Pengembangan untuk penelitian selanjutnya, dapat digunakan teknik Performance Measurement untuk membandingkan hasil evaluasi antara pakar dan pengguna aplikasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...