Tourism Scientific Journal
Vol. 5 No. 2 (2020): Vol 5 No 2 Juni 2020

Analisis Interaksi Simbolik Nonverbal Frontliner dalam Pelayanan Hotel Berbintang di Kota Bandung

Diana Simanjuntak (STIEPAR YAPARI BANDUNG)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara mendalam tentang perilaku komunikasi nonverbal petugas hotel dan kaitannya dengan kualitas pelayanan, mengingat hotel sebagai industri hospitaliti sangat dimungkinkan SDM-nya mempunyai karakeristik yang berbeda dengan  profesi lain. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode atau pisau bedah “interaksi simbolik”, dengan tujuan menafsirkan makna simbol komunikasi nonverbal para petugas hotel karena pada dasarnya manusia sebagai homo simbolicum yang menggunakan simbol-simbol dalam berinteraksi dengan sesamanya dimana simbol tersebut mempunyai makna dan tujuan. Tamu hotel mempuyai harapan dan tujuan, apakah para petugas hotel memahami kebutuhan dan harapan tugasnya dan apakah selaras dengan kompetensi komunikasi nonverbal mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya keragaman yang berbeda dan kekhasan perilaku komunikasi nonverbal petugas hotel dan peran manajemen mendorong mereka untuk konsisten dalam menjaga kompetensi komunikasi nonverbalnya. Pada akhir penelitian dibangun suatu model komunikasi nonverbal petugas hotel dalam menunjang kualitas pelayanan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tsj

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak ...