Kappa Journal
Vol 2 No 2 (2018): Desember

Pengaruh Pendekatan Kontekstual Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Muallimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2017/2018

Tsamarul Hizbi (Universitas Hamzanwadi)
fartina . (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Muallimin NW Pancor semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang berjumlah 5 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster randong sampling, dan didapat kelas VIII-D sebagi kelas eksperimen dan VIII-E sebagi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan Chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji-F. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian peneliti menggunakan uji-t dua jalan. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pendekatan kontektual dengan model Problem Based Learning dan Discocvery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Muallimin NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...