Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan hambatan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan apersepsi alpha zone berbantuan media interaktif. Penellitian ini dilakukan di kelas IV Kecamatan Sumedang Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian tindakan level 1 yang memiliki ciri meneliti tanpa menguji hanya memberikan hipotesis tindakan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa, . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan Focus Group Discussion. Validasi data yang digunakan yaitu member check, triangulasi, dan expert opinion. Hasil dari penelitian ini memperoleh hipotesis tindakan bahwa jika pembelajaran IPS pada materi tentang peta maka motivasi dan hasil belajar siswa akan meningkat. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil perolehan data penelitian dari observasi yang mendapat presentasi keberhasilan yaitu 95,8%, jawaban positif pada angket dan wawancara dan diperkuat dengan studi literatur dan focus group discussion. Berdasarkan hasil temuan penelitian tindakan level 1, terdapat beberapa saran yaitu bagi pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan serta support bagi perkembangan intelektual dan emosional siswa disekolah dan memberikan pengetahuan pada guru dalam mengembangkan penerapan strategi dan metode pembelajaran yang inovatif. Untuk peneliti lain hendaknya dapat menjadikan tindakan alternatif ini untuk diterapkan di dalam kelas dalam pembelajaran lain. Dengan melanjutkan penelitian tindakan level ini pada level selanjutnya.
Copyrights © 2020