Pada pertandingan sepakbola, penguasaan bola menjadi suatu penilaian dan bahan evaluasi yang menunjukan peluang untuk mencetak. Perhitungan penguasaan bola dilakukan dengan menghitung waktu dari total waktu pertandingan secara manual. Meskipun hanya garis besar penilaian dari pertandingan sepakbola, masih banyak sekali kesalahan dalam menulis statistik pertandingan karena kesalahan manusia, khususnya di Indonesia. Untuk mangatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi pengumpulan data statistik penguasaan bola menggunakan background subtraction. Beberapa frame pada rekaman pertandingan sepakbola diambil untuk dibuat background referensi lalu dilakukan proses substraksi dengan frame pada saat pertandingan berlangsung. Hasil substraksi tersebut kemudian akan membentuk rectangular border yang sisi-sisi nya mengindikasikan objek terluar yang terdeteksi. Posisi rectangular tersebut akan dibedakan menjadi lima kondisi yang menentukan statistik penguasaan bola. Hasil pendeteksian tersebut dibandingkan dengan penilaian manusia untuk menilai akurasi pendeteksian. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe berupa aplikasi sebagai penerapan metode background subtraction. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh akurasi pendeteksian sebesar 91%. Sebagian besar kesalahan terjadi karena objek diam terlalu lama yang membuat objek tersebut menjadi background dan tidak terdeteksi oleh sistem.
Copyrights © 2021