JURNAL MAHAJANA INFORMASI
Vol 6 No 2 (2021): JURNAL MAHAJANA INFORMASI

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Organisasi Mahasiswa (SIOMAH)

Swono Sibagariang (Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461)
Afdhol Dzikri (Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461)
Dodi Prima Resda (Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461)
Jhon Hericson Purba (Program Studi Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam Jl. Ahmad Yani, Tlk. Tering, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29461)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Organisasi Mahasiswa merupakan wadah dan sarana untuk menyalurkan kreatifitas dan potensi di bidang penalaran dan keilmuan, minat dan bakat, upaya perbaikan kesejahteraan mahasiswa, dan pengabdian pada masyarakat. Keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi mempunyai manfaat untuk memperluas jaringan, melatih jiwa kepemimpinan (leadership), melatih mental berbicara di depan publik (public speaking), mudah memecahkan masalah (problem solving) dan juga meningkatkan wawasan dan pengetahuan Mahasiswa. Politeknik Negeri Batam merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi di Kepulauan Riau yang cukup aktif dalam kegiatan organisasi mahasiswa namun sampai saat ini, dalam menjalankan proses administrasi masing-masing ormawa masih menggunakan cetakan kertas dan dikelompokkan menjadi arsip dokumen, sehingga membutuhkan waktu yang banyak dan rentan kehilangan dokumen. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi yang dapat membantu kendala tersebut. Pada penelitian ini akan dibangun sistem informasi organisasi mahasiswa (SIOMAH) berbasis website yang dapat mempermudah mahasiswa, organisasi mahasiswa, pembina dan bagian kemahasiswaan untuk mengetahui kegiatan kemahasiswaan dan juga memudahkan dalam proses administrasi organisasi mahasiswa. Metode pengembangan menggunakan waterfall, bahasa pemrogaraman menggunakan PHP dan MySQL sebagai basis data. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website yang dapat digunakan sebagai transaksi dan informasi data administrasi organisasi mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

7

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli. ...