Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 4, No 2 (2021): November

Model Pembelajaran Tematik Menggunakan Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Dalam Perkembangan Motorik Kasar Dan Kognitif AUD

Nurkamelia Mukhtar AH (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zulfadhly Mukhtar (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

ABSTRAK. Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran terpadu berdasarkan tema-tema yang disesuaikan dengan tema pelajaran dan karakter perkembangan anak usia dini. Hal ini relevan dengan cara kerja otak anak, sehingga untuk bisa menstimulasi semangat, mampu mengekspresikan perasaan bahagia, merasa terhibur dibutuhkan metode yang tepat agar anak mampu menyerap informasi dengan lebih mudah, salah satunya metode bernyanyi dengan gerakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa bagaimana implementasi model pembelajaran tematik menggunakan metode bernyanyi dengan gerakan dalam perkembangan motorik kasar dan kognitif AUD. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap program pembelajaran tematik menggunakan metode bernyanyi dengan gerakan di KB FUN Islamic School Purwerejo. Temuan hasil penelitian ini: KB FIS Purwerejo dalam proses pembelajaran tematik menggunakan berbagai macam metode salah satunya mengimplementasikan metode bernyanyi dengan gerakan pada sentra seni/kreativitas. Hasil metode bernyanyi dengan gerakan dalam perkembangan motorikc kasar AUD; anak mampu melompat, mampu melangkah, mampu menggerakkan tangan dan kaki, mampu menggerakan kepala dan gerakan tubuh dengan lincah dan luluasa sesuai koordinasi mata dan gerakan tubuh. Pada perkembangan kognitif AUD mampu menerima pesan-pesan positif dan menunjukkan reaksi diri. dan mengenal konsep warna serta bentuk.Kata Kunci:  Tematik, Metode Bernyanyi, Motorik Kasar dan KognitifABSTRACT. Thematic learning is an integrated learning model based on themes adapted from the lesson and the character of early childhood development. This is relevant to the way the child's brain works, thus to enable stimulating the spirit, expressing feelings of happiness, feeling entertained, it is necessary the right method and therefore the children are able to absorb information more easily, one of which is the method of singing with movement. The present study was conducted to analyze how the implementation of the thematic learning model using the singing method with movement in the gross motor skills and cognitive development of Early childhood. Conducted through a qualitative method with a case study approach to the thematic learning program, this research-based paper uses the singing with movement method at KB FUN Islamic School Purwerejo. The findings of the present study: In the thematic learning process, KB FIS Purwerejo employs various methods, one of which is implementing the singing method with movement at the art/creativity center. The results of the singing method with movement in gross motoric development of Early childhood; the children are able to jump, to step, to move the hands and feet, to move the head and they are able to demonstrate body movements agile and flexible according to eyes coordination and body movements. In cognitive development of Early childhood, they are able to receive positive messages and show self-reaction and recognize the concept of color and shape. Keywords: Thematic Learning Method of Singing, Gross Motoric and Cognitive

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...