Kepemimpinan mullti intelegensi adalah kemampuan seseorang dalam memimpin guna untuk memecahkan masalah atau menciptakan suatu produk yang bernilai dalam satu latar belakang budaya tertentu. Artinya, setiap orang jika dihadapkan pada satu masalah, ia memiliki sejumlah kemampuan untuk memecahkan masalah yang berbeda sesuai dengan konteksnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi dimana dalam analisis data dilakukan dengan cara yaitu meeduksi data, display data dan cinclusion data. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, tringulasi dan kecukupan referensi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan di MTs Negeri 1 Lombok Tengah dilakukan dengan tipe kepemimpinan yang demokratis, dimana setiap keputusan dilakukan secara bersama-sama atau dengan musawarah mufakat baik oleh pimpinan maupun bawahan. Hal ini dilakukan agar hasil keputusan dapat dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan secara bersama-sama. Sedangkan kepemimpinan multiintelegensi kepala madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan dilakukan dengan beberapa kemampuan yang dimiliki yaitu kemampuan verbalis/linguostik (berbahasa), kemampuan logika, kemamapuan seni dan kemampuan spiritual dilakaukan dengan cara melakukan kegiatan pembinaan keagamaan dimadrasah dan juga melalui keteladanan. Pengembangan lembaga pendidikan di MTs Negeri 1 Lombok Tengah juga dilakukan dengan beberapa kegiatan pengelolaan diantaranya pengelolaan kurikulum, proses belajarĀ mengajar, tenaga pendidik, media pembelajaran dan pengelolaan standar mutu kelulusan dan lainnya.
Copyrights © 2021