Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus, Tekno Aulama: Jurnal Teknologi Pendidikan Islam

PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 TALANG PADANG KAB. EMPAT LAWANG

Yulian, Peni (Unknown)
Hidayat, Muslih (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Media pembelajaran audio merupakan media yang hanya dapat didengar saja atau media yang memiliki unsur suara. Sedangkan media visual yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara sedangkan media pembelajaran audio visual adalah jenis media yang mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat atau diperhatikan, seperti rekaman video, berbagai macam ukuran film, slide suara, dan lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua. Dan tujuan media pembelajaran yaitu untuk membantu guru agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap motivasi dan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII SMPN 2 Talang Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 31 responden, menggunakan teknik sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mengumpulkan data X dan data Y. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang tinggi antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII SMPN 2 Talang Padang. Analisis data yang didapat dari rumus product moment menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y pada siswa kelas VIII SMPN 2 Talang Padang. Artinya ada pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar PAI siswa Kelas VIII SMPN 2 Talang Padang. Hal ini terbukti karena r xy lebih besar dari pada r tabel (r product moment) yaitu 0.869, yang mana dengan N = 31 diperoleh nilai r pada taraf interval 95%(5%) sebesar 0,355 dan taraf kepercayaan 99% (1%) sebesar 0,456 sehingga hipotesis dapat diterima atau dibuktikan kebenarannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknoaulama

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

TEKNO AULAMA adalah jurnal penelitian dan pengembangan bidang teknologi pendidikan, khususnya penelitian dengan pendekatan R and D. Jurnal ini diharapkan mampu menjadi lautan ide dan sumber lahirnya pemikiran pengembangan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. TEKNO AULAMA juga ...