Educatio
Vol 10, No 2 (2015)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS 1 SD PADA BIDANG KOGNITIF TEMA ALAT TRANSPORTASI

yuyun febriani (Unknown)
Donna Boedi Maritasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media animasi pembelajaran interaktif pada bidang kognitif tema alat transportasi untuk siswa kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah penelitian yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan data; (2) Perencanaan ; (3)  Pengembangan draft produk (4)  Uji coba lapangan awal/permulaan ; (5) Perbaikan hasil uji coba ; (6) Uji coba lapangan; (7) Penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang media yang dibuat dan penilaian untuk aspek kemenarikan, efesiensi, dan efektifitas media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan untuk validasi ahli materi adalah 90,58% dan media 95% yang berarti media yang dikembangkan layak untuk digunakan. Selanjutnya uji coba permulaan dengan 6 orang siswa sebagai sampel dan didapatkan 95,83% untuk aspek kemenarikan, 80,56% untuk aspek efesiensi, dan 88% untuk aspek efektifitas  serta uji coba lapangan dengan masing-masing 30 siswa di ketiga sekolah di dapatkan untuk ketiga aspek penilaian didapatkan dalam rentang 80-100%.  Hasil ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bidang kognitif untuk siswa kelas 1 SD. Kata Kunci: Pengembangan, MediaAnimasi Interaktif Tema Alat Transportasi, dan Kuisioner

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...