Connection : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 2 (2021): Oktober

Pelatihan penggunaan aplikasi alat ungkap masalah (AUM) PTSDL SERI SLTP untuk pemetaan masalah belajar Siswa

Riska Andriani (Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)
Maria Oktasari (Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2021

Abstract

Asesmen merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh Guru BK karena hasil asesmen dijadikan sebagai landasan dalam pembuatan program BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Artinya asesmen dilakukan untuk mengetahui apa kebutuhan dan bagaimana kondisi siswa. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah AUM PTSDL. Namun, ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh Guru BK ketika melakukan asesmen, salah satunya pengolahan hasil assemen memerlukan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan masih terbatasnya kemampuan dalam melakukan pengolahan data hasil assesmen secara komputerisasi. Tujuan kegiatan abdimas adalah memberikan pelatihan kepada guru BK SMP N 17 Depok tentang penggunaan aplikasi AUM PTSDL Seri SLTP dalam mengolah hasil assemen. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, dan praktik. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru BK SMP N 17 Depok yang berjumlah 3 orang. Hasil pengabdian ini adalah bertambahnya pengetahuan dan kemampuan guru BK dalam menggunakan AUM PTSDL Seri SLTP secara komputerisasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

connection

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu wadah bagi mahasiswa, guru, dosen serta dalam ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat. Connection digagas oleh Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Langsa karena tempat publikasi ...