EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 7, No 1 (2022): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN SCHOOLOGY

Nova Irawati Simatupang (Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Kristen Indonesia)
St Fatimah Azzahra (Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2022

Abstract

Di beberapa sekolah, siswa diberikan akses menggunakan smartphone dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hal ini berakibat kepada sulitnya guru mengendalikan siswa untuk tetap fokus mendengarkan guru dalam mengajar. Siswa cenderung lebih tertarik menggunakan smartphone untuk bermain games daripada mendengarkan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan minat belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Quizizz dan Schoology pada smartphone. Quizizz dan Schoology merupakan salah satu aplikasi sederhana yang yang menarik dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengajar dan melakukan evaluasi melalui test online. Selain hal tersebut, izin penggunaan smartphone dalam kelas dapat lebih terarah dan dimaksimalkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi SMA kelas XI di SMA Darussalam Tangerang. Adapun sampel penelitian diambil dua kelas ykelas XI IPA1 dan XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil analisi data menggunakan SPPS 22, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa  dengan menggunakan aplikasi quizizz dan schoology dengan nilai F(0,849). Selain itu juga diketahui bahwa hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz juga lebih tinggi daripada menggunakan aplikasi schoology, dengan perolehan nilai t hitung sebesar 8,268 dan nilai sig < 0.05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...