Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 1 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Gabriel Sabatini (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Saut Mahulae (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Dewi Anzelina (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas, Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran tematik tema Praja Muda Karana subtema 4 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 di kelas III SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Halini dapat dilihat pada hasil belajar yang diperoleh siswa secara individu yaitu pada prasiklus dengan nilai rata-rata 50.93% pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 61.13% selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 83.3%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan.Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran tematik tema Praja Muda Karana subtema 4 pembelajaran 1 dan pembelajaran 3 di kelas III SD Negeri 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021 dikategorikan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 55% kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 93% kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...