MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2019): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Eksplorasi Etnomatematika dalam Mokodan Kain Tenun Motif Kui pada Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui

Angela Padafing (Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIMOR)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Skripsi ini berjudul “Eksplorasi Etnomatematika Dalam Moko Dan Kain Tenun Pada Kebudayaan Masyarakat Alor Suku Abui”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplor etnomatemtika yang terkandung dalam moko dan kain tenun pada masyarakat Alor suku Abui Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian adalah dua informan dan objek penelitian adalah moko dan kain tenun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: ditemukan konsep-konsep matematika sebagai pola dalam membuat moko dan kain tenun. Konsep matematika yang terkandung dalam moko dan kain tenun adalah: tabung, lingkaran, belah ketupat, persegi panjang, kesebangunan, garis sejajar.Hal ini menunjukkan bahwa matematika tumbuh dan berkembang dalam keteraturan adat masyarakat tertentu yangdisebut dengan istilah etnomatematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...