Jurnal Kependidikan
Vol. 3 No. 2 (2019): Jurnal Kependidikan

EKSPLORASI PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA ANAK DI USIA 2 TAHUN 3 BULAN PADA TATARAN FONOLOGI

Devi Apdalia (FKIP Univeristas Samawa)
Sri Sugiarto (Universitas Samawa)
Riadi Suhendra (FKIP Univeristas Samawa)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa pertama pada di anak usia 2 tahun 3 bulan khususnya pada tataran fonologi, ditinjau dari pemerolehan fonem bahasa Indonesia, realisasi perubahan fonem pada penyebutan kata dan pembentukan silaba (suku kata). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi cross-sectional. Subjek penelitian adalah anak berusia 2 tahun 3 bulan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan rekam. Teknik analisis data mengunakan teknik padan intralingual dengan teknik dasar hubung banding. Berdasarkan hasil analisis data, anak usia 2 tahun 3 bulan tersebut jika dilihat pada pemerolehan fonem bahasa Sumbawa pada masing-masing anak memiliki keunikan individu. Dari keempat anak yang diteliti bahwa fonem konsonan yang telah diperoleh adalah [b], [p], [m], [w], [d], [t], [l], [s], [c], [j], [g], [k], [h], [?],[y],[n] dan fonem vokal [a], [i], [u], [U], [e], [?], [?], [o], [?], [I]. Pada pemerolehan fonem diftong hanya ada dua anak yang telah memperoleh, yaitu pada anak berinisial SN dan SB sedangkan pada SNR dan KA belum ditemukan adanya kemunculan saat berujar. Selain itu, pada perubahan fonem dalam penyebutan kata, yang sering muncul kesalahan pada saat berujar, yakni: palatalisasi, penghilangan, perubahan, dan labialisasi. Kemudian, pada pembentukan silaba, yaitu: anak memperoleh pola (1) V, (2) KV, (3) VK, (4) KVK, (5) KKV, (6) VKK, (7) KKVK, (8) KVKK.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...