Jurnal Kependidikan
Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Kependidikan

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLAH PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID 19 (Studi Multi Kasus SMP Negeri 2 Moyo Hulu dan SDN Malili)

Jhon Kenedi (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan kepala sekolah dalam mengelolah pembelajaran selama pandemi covid 19. Kemampuan tersebut meliputi: bagaimana pembelajaran dilakukan selama kegiatan Belajar Dari Rumah yang dikelolah oleh pihak sekolah, kemampuan perencanaan, penagarahan, monitoring, pengelolaan keuangan sekolah serta melaksanakan kerjasama untuk mendukung kegiatan pembelajaran selama pandemi. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh steakholder terkait terutama pemerintah terhadap arah pengelolaan pendidikan terutama kegiatan pembelajaran pada kondisi-kondisi tertentu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih oleh peneliti akan memperoleh informasi secara mendalam berkaitan dengan kemampuan kepala sekolah dalam mengelolah pembelajaran selama pandemi covid 19. Lokasi penelitian ini ada dua yaitu: SDN Malili sebagai lokasi pertama dan SMPN 2 Moyu Hulu sebagai lokasi ke dua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, langkah-langkah penelitian dilakukan sebagai berikut: pertama, dilakukan pegumpulan data pada latar pertama, yaitu kepala Sekolah Dasar Negeri Malili, didasarkan atas karakteristik sebagai sekolah dasar negeri di Kabupaten Sumbawa. Kedua, dilakukan langkah pengamatan pada latar kedua yaitu. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Moyo Hulu. Kriteria pemilihan, langkah, dan waktu yang dibutuhkan pada latar kedua sama dengan latar yang pertama, dan bertujuan memperoleh temuan bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam mengelolah pembelajaran selama pandemi covid 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah di dua sekolah tersebut telah mampu melaksanakan pembelajaran Belajar Dari Rumah dengan sistem luring (luar jaringan), 2) Kepala sekolah telah mampu melaksanakan kegiatan prencanaan pembelajaran, memberikan motivasi kepada guru, melakukan monitoring sementara pada SMPN 2 Moyo Hulu kepala sekolah meminta laporan para guru dalam bentuk dokumentasi kegiatan pembelajaran, 3) Kepala sekolah di dua sekolah tersebut sudah dapat melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terutama komite sekolah dan pemerintah setempat, 4) Pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana BOS telah dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk pemenuhan kebutuhan selama pandemi covid 19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...