Jurnal Kependidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Jurnal Kependidikan

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII-C SMPN 2 LOPOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sri Utami (Universitas Samawa)
Rini Qurratul Aini (Universitas Samawa)
Riadi Suhendra (Universitas Samawa)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas VII-C SMPN 2 Lopok tahun pelajaran 2020/2021, untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara deskriptif berdasarkan rumus evaluasi ketuntasan belajar. Penyajian data yang digunakan berdasarkan pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas, yakni perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sedangkan validitas datanya menggunakan triangulasi model. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I yakni 80,29 dan terdapat 5 siswa dari 17 siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 84,12 dan seluruh siswa telah memenuhi KKM. Sehingga dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas VII-C SMPN 2 Lopok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...