PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 2 (2022): March - June

Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen

Arina Sukma Tanjung Asri (Unknown)
Kusumawati Dwiningsih (Jurusan Kimia, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas e-modul interaktif sebagai media pembelajaran untuk melatihkan kecerdasan visual spasial peserta didik pada materi ikatan kovalen dilihat dari validitas isi dan konstruk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) langkah, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun hanya sampai pada tahapan development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi E-modul Interaktif. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-modul Interaktif yang dikembangkan memperoleh persentase 83% untuk validitas isi termasuk kategori sangat valid dan mendapatkan persentase sebesar 83% untuk validitas konstruk termasuk kategori sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk melatihkan visual spasial peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...