PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 02 (2019): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

PENERAPAN METODE IQRO SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR MEMBACA AL-QUR’AN DI TK HIAMA KIDS

Zulfitria (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Zainal Arif (universitas muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Mengajarkan membaca Alquran pada anak usia dini bukan hal mudah, karena selain memerlukan pengetahuan seorang pendidik juga harus mengetahui metode yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode iqro sebagai kemampun dasar membaca Al-Quran di TK HIAMA kids. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa pedoman wawancara, observasi dan dol kumentasi untuk memperoleh data dan menganalisisnya bagaimana penerapan metode Iqro sebagai kemampuan dasar membaca Al-Qur’an di TK HIAMA Kids. Dari hasil penelitian, adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Iqro di TK HIAMA kids, hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa TK HIAMA Kids senang belajar Al-Quran dengan menggunakan metode Iqro sehingga mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan tajwid yang baik. Kata Kunci: penerapan, metode Iqro, Al-Quran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...