PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 01 (2019): PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Peran Guru PAUD dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru

Sri Wahyuni (Universitas Lancang Kuning)
Nuraini (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Peningkatkan perkembangan moral pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Kecamatan Tenayan Raya peran guru yaitu masing masing PAUD memberikan cara tersendiri antara lain di PAUD Tenayan Raya dengan cara berperan seperti orang tua mereka dirumah menjadikan mereka seperti anak sendiri tetapi kami memberikan pembelajaran etika dan moral di dalam kelas sesuai dengan peraturan sekolah dan norma yang berlaku dimasyarakat. Tidak jauh berbeda dengan PAUD Berkah Ceria, PAUD Mekar Seruni, PAUD Sabarina, PAUD Nurul Makwadan PAUD Cahaya Bunda. Berdasarkan hasil dari penelitian cara guru dalam mengatasi permasalahan moral yang ada terhadap anak di PAUD Kecamatan tenayan raya, masing masing PAUD melakukan penyelesai persoalan dikelas dengan cara memberikan contoh dari konsekwensi yang didapat apabila anak melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan nilai moral yang berlaku, contohnya PAUD Baitul Amal mereka membiasakan anak-anak untuk bersikan santun sesuai dengan moral yang berlaku begitu juga dengan PAUD Berkah Ceria, PAUD Mekar Seruni, PAUD Sabarina Kids PAUD Cahaya Bunda dan PAUD Nurul Makwa. memiliki ketentuan masing masing dalam mengatasi permasalahan moral tersebut, sehingga anak - anak terbiasa menjalankan sikap yang baik yang telah diajarkan disekolah untuk diterapkan di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan khusunya lingkungan rumah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paud-lectura

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

PAUD Lectura is a journal published by PG-PAUD FKIP Lancang Kuning University. This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education. This journal is published periodically twice a year, in October and April. The ...