Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena yang menyita perhatian dunia pendidikan zaman sekarang dimana kekerasan (bullying) di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, maupun oleh siswa terhadap siswa lainnya. Bentuk –bentuk tindakan bullying pun beragam. Banyak sebab siswa melakukan perilaku bullying. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk-bentuk tindakan/perilaku bullying (2) Faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk tindakan bullying yang terjadi di Sekolah Dasar khususnya di SDN No. 123 Tanassang adalah tindakan bullying secara fisik dan tindakan bullying secara psikis/mental. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya bullying yaitu adanya pengaruh teman, lingkungan atau pergaulan siswa, dan siswa merasa lebih hebat diantara teman lainnya.
Copyrights © 2021