Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengaruh langsung variabel perceived value terhadap loyalitas; 2) Menganalisis pengaruh langsung variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas; 3) Menganalisis moderasi variabel kepuasan konsumen antara perceived value dan loyalitas. Penelitian ini menggunakan 211 individu pelaku UMKM yang tersebar di wilayah Sumatera Utara. Setelah data dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel variabel perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas (? = 0.476, p = 0.000). Variabel kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah yang positif terhadap variabel loyalitas (? = 0.288, p = 0.000). Dari sisi moderasi, diketahui juga ternyata variabel kepuasan konsumen memoderasi variabel perceived value dalam pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen (? = 0.443, p = 0.000). Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan pelaku usaha, khususnya UMKM untuk memperhatikan dan meningkatkan perceived value agar kepuasan konsumen dapat meningkat, yang nantinya akan berdampak pada peningkatan loyalitas konsumen sehingga pembelian ulang terus terjadi. Kata Kunci: Perceived Value, Kepuasan Konsumen, Loyalitas
Copyrights © 2021