Penelitian ini berupaya menggali potensi podcast sebagai media untuk pelaku UMKM membangun personal brand melalui pendekatan content marketing. Jumlah pendengar podcast di Indonesia kian berkembang pesat dan jumlah podcast juga terus meningkat. Podcast sebagai salah satu bentuk dari content marketing memiliki diferensiasi dari bentuk pemasaran konten lainnya. Inilah yang menjadikannya alat pemasaran yang berpotensi efektif. Pelaku UMKM yang mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital, perlu membangun personal branding dalam kegiatan kewirausahaannya. Pelaku usaha perlu membangun saluran (channel) bagi orang-orang untuk menemukan usahanya. Ketika pelaku usaha juga aktif, konsisten dan kontinu memberikan konten bermanfaat terkait bidang yang ditekuninya, ia telah membangun saluran tambahan untuk ditemukan oleh khalayak dan pada akhirnya juga akan mengarah kepada keberhasilan usaha dan bisnisnya.Penelitian mengenai personal branding melalui platform podcast masih terbatas. Sebagian besar studi yang pernah dilakukan adalah personal branding pada Facebook, Twitter dan Instagram. Sementara itu, dari sisi pelaku UMKM, masih banyak ditemukan para pelaku usaha yang cenderung langsung menjalani roda bisnis tanpa mengawali dengan membangun personal brand yang baik. Untuk itu, penelitian yang menggunakan metodologi deskriptif ini diharapkan dapat memberi masukan dan rekomendasi bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui strategi personal branding, dengan pendekatan content marketing, salah satunya melalui media podcast. Kata kunci: podcast, personal brand, content marketing, pelaku UMKM, personal branding
Copyrights © 2021