Healthy Journal
Vol. 9 No. 2 (2018): AKURAT Edisi Mei-Agustus 2018 | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA

PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH DAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada BPRS Al-Ihsan Bandung)

Djodi Setiawan (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Husaeri Priatna (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Yunisa Fuziatri (Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unibba)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Murabahah terhadap Laba Bersih Perusahaan (Studi Kasus pada PT. PT. BPRS Al-Ihsan Bandung). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan publikasi PT. BPRS Al-Ihsan serta sampel diambil selama 4 tahun yaitu periode 2013-2016 secara triwulanan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa secara simultan Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Murabahah berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dengan hasil Koefisien Determinasi sebesar 64,1% dan sisanya sebesar 35,9% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Laba Bersih tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial, Pembiayaan Musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dan Pembiayaan Murabahah berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akurat

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Journal adalah jurnal ilmiah yang menyampaikan hasil penelitian, pemikiran maupun kreasi ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan kesehatan. Ilmu keperawatan sebagai suatu bidang keilmuan dan seni yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai status kesehatan yang ...