Healthy Journal
Vol. 9 No. 3 (2018): AKURAT Edisi September-Desember 2018 | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PEMBERIAN KREDIT DAN LABA BERSIH BANK (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia(Persero),Tbk Kantor Cabang Majalaya Unit Dayeuhkolot)

Djodi Setiawan (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Devi Afrianti (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini menganalisis gambaran serta pengaruh dana pihak ketigaterhadap pemberian kredit dan laba bersih (Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Kantor Cabang Majalaya Unit Dayeuhkolot). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, yaitu untuk mengetahui Bagaimana pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan publikasi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Kantor Cabang Majalaya Unit Dayeuhkolot, serta sampel diambil selama 2 tahun periode 2015-2016 secara triwulanan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dana pihak ketiga, pemberian kredit danlaba bersihdapat digambarkan mengalami fluktuatif walaupun ketiga variabel tersebut cenderung mengalami kenaikan selama periode penelitian yaitu dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2016 secara trtiwulanan. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian bahwa dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap pemberian kredit yaitu t-hitung lebih besar dari t-tabel serta koefisien determinasi sebesar 50,4%, sedangkan sisanya sebesar 49,6% adalah faktor lain yang turut mempengaruhi pemberian kredit. Selanjutnya Selanjutnya dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap laba bersih yaitu t-hitung lebih besar dari t-tabel serta hasil koefisien determinasi sebesar 52,4%, sedangkan sisanya sebesar 47,6% adalah faktor lain yang turut mempengaruhi laba bersih.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

akurat

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Journal adalah jurnal ilmiah yang menyampaikan hasil penelitian, pemikiran maupun kreasi ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan kesehatan. Ilmu keperawatan sebagai suatu bidang keilmuan dan seni yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai status kesehatan yang ...