Healthy Journal
Vol. 8 No. 1 (2017): AKURAT Edisi Januari-April 2017 | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA

PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA SALAH SATU PERUSAHAAN INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2006-2014.

Apit Yuliman Ermaya (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Aditya Achmad Fathony (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)
Feni Silfiana (Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan perputaran piutang terhadap rentabilitas modal sendiri pada PT. Semen Gresik, Tbk. Baik secara parsial, maupun secara uji model. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Sekunder yaitu Laporan Keuangan Tahunan PT. Semen Gresik, Tbk dari tahun 2006 -2009 yaitu sebanyak 9 tahun. Metode statistik dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi dengan menggunakan SPSS Versi 17 dan hitungan secara manual dengan menggunakan rumus. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh 1) perputaran modal kerja tidak berpengaruh terhadap rentabilitas modal sendiri PT. Semen Gresik, Tbk. diperoleh nilai thitung < ttabel (0,809 < 2,365), 2) perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri PT. Semen Gresik, Tbk. diperoleh nilai thitung > ttabel (2,728 > 2,365). Sedangkan secara uji model (bersama-sama) perputaran modal kerja dan perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri pada PT. Semen Gresik, Tbk. Diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (12,080>4,74), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya kedua variabel bebas yang terdiri dari perputaran modal kerja (X1) dan perputaran piutang (X2) secara uji model berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri (Y) PT. SEMEN GRESIK, Tbk.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akurat

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Healthy Journal adalah jurnal ilmiah yang menyampaikan hasil penelitian, pemikiran maupun kreasi ilmiah dalam bidang ilmu keperawatan kesehatan. Ilmu keperawatan sebagai suatu bidang keilmuan dan seni yang berfokus kepada pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai status kesehatan yang ...